Semakin berilmu seseorang, seharusnya ia semakin tahu akan tanda-tanda Kebesaran Allah SWT, maka seharusnya pula ia semakin beriman kepada-Nya, semoga kita bagian dari orang-orang itu, Amin.

Senin, 18 April 2011

RAHASIA SEHAT DIBALIK GOLONGAN DARAH

dr. Angela C. Ardhianie N.
Darah merupakan substansi vital dalam tubuh kita. Ironisnya banyak orang baru mengetahui golongan darahnya pada waktu mereka ingin melakukan donor ataupun transfusi darah. Selain kepentingan untuk donor dan transfusi darah atau organ, golongan darah juga dibutuhkan pada kasus kedokteran kehakuman, penelusuran keturunan, administrasi negara, dll.

Apa dan bagaimana bentuk diet terbaik bagi diri kita menurut golongan darah?
Secara garis besar penggolongan darah dibagi menjadi beberapa sistem yaitu ABO, Rhesus, Lewis System (secretor/non-secretor), MN, dan masih banyak yang lainnya. Yang lazim digunakan adalah ABO (A, B, O, AB), dan Rhesus (+/-). Tetapi pernahkah Anda tahu bahwa ada sisi lain yang penting dan menarik di balik golongan darah seseorang? Golongan darah Anda adalah kunci yang dapat membuka misteri dari kesehatan, penyakit, ketahanan hidup, vitalitas fisik, dan kekuatan emosional bahkan kepribadian Anda dapat terungkap dari golongan darah.
Golongan darah menentukan kemampuan tubuh kita untuk bertahan terhadap serangan penyakit, makanan apa saja yang tepat untuk kita konsumsi dan latihan fisik yang tepat untuk kita. Hubungan antara makanan dan golongan darah terdengar sangat kaku dan sulit dipercaya, tetapi dalam kenyataannya selama ini telah kita sadari bahwa ada mata rantai yang hilang dari proses pemahaman kita terhadap keadaan sehat dan penyakit. Sebagai contoh: Diet tinggi protein dan rendah karbohidrat untuk tujuan penurunan berat badan sesuai untuk golongan darah O tetapi menjadi tidak berhasil bahkan gagal total untuk golongan darah A. Dan hal seperti itu mungkin juga Anda dengar dan alami sehari-hari yang pada akhirnya menjadi pertanyaan yang sangat membingungkan bagi kita semua.
Pada dasarnya tidak ada kata salah dan benar dari semua jenis diet dan olahraga, tetapi ada pilihan yang lebih baik untuk setiap kode genetik yang berbeda. Dan hal yang penting dari hidup menurut golongan darah adalah dengan tujuan untuk mendapatkan kesehatan yang optimal.
Untuk semakin memahami arti golongan darah tidak ada salahnya kita mengetahui asal-muasal dari masing-masing golongan darah.
Golongan darah yang tertua dari keempat golongan darah adalah golongan O (old) sekitar 40.000 tahun SM di Afrika, manusia purba merupakan predator yang sangat berbahaya di muka bumi. Mereka dapat membuat senjata dan peralatan untuk berburu, secara otomatis makanan mereka adalah daging hasil buruan. Semakin bertambahnya populasi persaingan mereka dalam hal mencari makan untuk bertahan hidup semakin ketat, membuat mereka sering berkelahi dan membunuh. Hal ini yang mendasari mengapa orang dengan golongan darah O adalah pemakan daging dan mempunyai sifat yang keras dan sebagai pemimpin.
Ketika kemudian mereka mengembara menuju Eropa dan Asia mencari lahan baru untuk berburu, di daerah yang baru mereka menemukan lahan yang subur dan iklim yang lebih sejuk. Perpindahan ini menimbulkan perubahan bukan hanya dalam hal sumber makanan tetapi juga struktur anatomi mereka yang tadinya mempunyai struktur tulang yang sangat kuat dan rambut yang keriting menjadi tulang yang lebih halus dan rambut lebih lurus, sekaligus pola makan yang tadinya carnivora (pemakan daging hasil berburu menjadi pemakan tumbuh-tumbuhan karena lingkungan yang lebih subur).
Secara otomatis gen-gen tersebut mengalami mutasi maka lahirlah golongan darah A (Agrarian) sekitar tahun 25000 - 15000 SM di daerah Asia dan Timur-Tengah. Pada jaman ini manusia tidak lagi berkompetisi untuk mendapat makanan, tetapi mulai bercocok tanam dan beternak. Mereka mulai hidup bergotong-royong.

Lahirnya golongan darah B sekitar 15.000 - 10.000 SM di daerah pegunungan Himalaya (sekarang daerah antara India dan Pakistan). Perubahan iklim menyebabkan mereka berpikir untuk menciptakan sistem irigasi pertanian dan tekhnik bercocok tanam yang lebih canggih. Penggabungan kreativitas, kecerdasan dan sistem tekhnik membuat golongan darah B dapat berathan hidup. Ditambah lagi mereka juga memiliki peternakan yang menghasilkan produk olahan susu (dairy products).
Penggabungan antara golongan darah A dan B menghasilkan lahirnya golongan darah baru yaitu AB (modern). Ditemukan kurang dari 5% dari populasi dunia.
Teori Lectin.
Reaksi kimia yang terjadi antara darah dan makanan yang kita makan.

Lectin adalah zat yang ada di dalam makanan, memiliki kemampuan untuk menggumpalkan darah kita pada waktu kita makan bahan makanan yang tidak sesuai dengan golongan darah kita. Adanya penggumpalan darah dalam tubuh kita menyebabkan gangguan kesehatan. Diet menurut golongan darah bukan sekedar menghindari lectin tetapi juga menuju kesehatan optimum.

TIPE O
Protein hewani merupakan diet yang tepat untuk golongan O, dikarenakan mereka mempunyai asam lambung yang tinggi serta olahraga yang berintensitas tinggi seperti aerobic, lari, adalah aktifitas yang baik sebagai respon terhadap stress. Memiliki jiwa kepemimpinan, ekstrovert (terbuka), penuh energi, dan fokus. Karena memiliki asam lambung yang tinggi menyebabkan tipe O rentan terkena radang lambung, sakit maaf, dan radang usus 12 jari. Secara umum tipe O memiliki kekebalan tubuh yang tinggi.
TIPE A
Jika anda mengenal orang yang takut mengambil resiko, teliti, taat pada peraturan, detil, teratur dan rapih hampir bisa dipastikan anda berhadapan dengan orang golongan darah A. Memiliki kekebalan tubuh yang rendah dan asam lambung yang rendah membuat tipe A cocok dengan diet ala vegetarian. Olahraga yang berintensitas tinggi tidak cocok dengan tipe A karena dapat membuat tipe A kehabisan energi. Yoga, Tai-Chi, meditasi merupakan aktifitas yang sangat tepat untuk tipe A.
TIPE B
Satu-satunya golongan darah yang dapat menikmati produk-produk olahan. Biasanya tipe B mempunyai kemampuan untuk terhindar dari penyakit-penyakit bahaya yang mengancam jiwa, seperti penyakit jantung dan kanker. Diet untuk golongan darah B sangat bervariasi dari produk hewani dan nabati yang beraneka ragam, hanya saja tipe B tidak cocok untuk mengkonsumsi daging ayam.
TIPE AB
Merupakan penggabungan antara golongan darah A dan B. Salah satu sisi tipe AB mengikuti tipe A dengan memiliki asam yang lambung yang rendah sehingga pola makan vegetarian cukup sesuai tetapi tipe AB juga membutuhkan protein hewani. Kepribadian tipe AB adalah sensitive dan seimbang yang merupakan penggabungan tipe A dan B. Banyak orang tipe AB yang terjun dalam dunia spiritual.

Hal penting yang harus diingat dalam menjalankan diet sesuai golongan darah adalah bukan hanya jenis makanan yang kita perhatikan tetapi juga kualitas dari makanan kita.
Sebagai contoh: golongan O diperbolehkan untuk makan daging sapi tetapi kalau ayng kita konsumsi daging dari sapi yang disuntik dengan antibiotik dan hormon, sama saja kita menambah masalah baru dalam menjaga kesehatan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar